Persiapan back to work setelah libur panjang

Setelah seminggu libur lebaran telah berakhir, hal ini menandakan kita harus segera back to work alias harus segera bekerja lagi. Pengalaman saya pribadi biasanya cukup berat untuk memulai semua secara normal lagi. Bagaimana caranya supaya bisa langsung fit untuk bekerja?

Lakukan 5 hal ini agar bisa langsung tune in saat mulai kerja:

1. Istirahat yang cukup

Libur panjang biasanya diisi dengan silaturrahmi ke saudara-saudara (pas hari raya), jalan-jalan ke tempat wisata atau bahkan tiduran dirumah pasti membuat tubuh lelah dan perlu istirahat. Oleh karena itu sebelum kembali masuk kerja, cobalah istirahat yang cukup dan hindari bermain gadget agar bisa tidur dan istirahat. Jika istirahat cukup, insya allah akan cukup membantu membuat badan fit sebelum kembali bekerja.

2. Olahraga yang sesuai

Lemaskan otot yang kaku-kaku setelah liburan dengan berolahraga ringan, lari-lari kecil untuk melancarkan peredaran darah. Dengan demikian badan bisa terasa lebih bugar kembali. Hindari olah raga langsung berat untuk menghindari ketegangan otot.

3. Jaga pola makan dan minum

Kelebihan berat badan akibat kebanyakan makan saat liburan bisa membuat malas melakukan aktifitas setelah liburan. Ini saya rasakan sendiri setelah liburan hari raya idul fitri. Pada saat puasa ramadhan berhasil turun berat badan 2 Kg, tapi setelah lebaran malah tambah bobot 4 Kg, dapat bonus 2 Kg. 

Pastikan jaga pola makan dan minum agar badan bisa diajak kerjasama dan langsung bisa nyetel dengan pekerjaan saat mulai masuk kerja kembali.

4. Catat apa yang belum selesai saat sebelum libur

Lihat kembali catatan pekerjaan yang belum terselesaikan sebelum libur. Pastikan check list pekerjaan itu dilakukan terlebih dahulu.

5. Rencanakan gebrakan 1 minggu pertama

Agar adrenalin langsung meningkat, buat rencana percepatan pekerjaan sehingga otak terangsang untuk langsung bangkit.

———-

5 tips diatas saya dapatkan dari catatan Pak Tung Desem Waringin di email newsletter Laruno. Sekarang saya sedang coba terapkan juga, karena setelah liburan rasanya berat sekali untuk bekerja kembali. Otak sudah semangat untuk bekerja, tapi mata dan badan serasa menghalangi untuk beraktifitas kerja lagi.

Kurang gerak, olah raga, dan berat badan bertambah ternyata yang menyebabkan hal itu. Ditambah kurang istirahat akibat jadi sopir selama liburan lebaran. Akhirnya saya tekat mulai lari-lari kecil dipagi hari sambil menghirup udara pagi jakarta dan menjaga makan agar berat badan kembali normal.

Semoga bermanfaat buat kita semua.

Sumber: Newsletter Laruno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like