26.3 C
Jakarta
Saturday, May 23, 2020

Pidato Presiden Jokowi: Visi Indonesia 5 tahun kedepan

Visi Indonesia 2019 - 2024

Related article

mastaqihttps://chptr.id
Just an ordinary people that love to try a new experiences, writing a blog posts, reading a books, traveling and photography. you can see my street photography portfolio at my Instagram: @id.streetphoto *Semua artikel yang saya tulis di blog ini adalah pendapat, asumsi dan pemahaman pribadi saya dan tidak terikat pada lembaga apapun.

Pidato Presiden Jokowi dalam pelantikannya menjadi Presiden terpilih dan akan menjalankan pemerintahan sampai 5 tahun kedepan sungguh luar biasa. Dengan tegas beliau menyampaikan 5 visi utama pemerintahannya. Pemilu telah usai, kini saatnya kita bersatu membangun negara Indonesia! 

Dengan sudah dikukuhkannya presiden yang baru untuk pemerintahan 2019-2024, semoga bisa membawa angin segar dan membangkitkan kembali dunia usaha yang sedikit lesuh karena proses pemilu.

Tanpa basa-basi, Presiden Jokowi menyampaikan dengan tegas visi-misi nya dihadapan ribuan rakyat dan tokoh politik dan masyarakat yang hadir di lokasi. Selain visi yang disampaikan, yang paling mengena menurut saya adalah quote beliau:

… INI BUKAN TENTANG AKU, KAMU, KAMI, ATAU MEREKA, BUKAN SOAL BARAT ATAU TIMUR, BUKAN SELATAN ATAU UTARA, SEKARANG BUKAN SAATNYA MEMIKIRKAN SEMUA ITU, TAPI SAAT INI SAATNYA MEMIKIRKAN BANGSA KITA BERSAMA. JANGAN PERNAH MALU UNTUK MAJU, KARENA KITA MAMPU JIKA KITA BERSATU…

Joko Widodo
Pidato presiden jokowi – visi 5 tahun kedepan (2019 – 2024)

Kita semua harus menyadari bahwa sekarang kita hidup di lingkungan global yang sangat dinamis. Fenomena global yang penuh perubahan, kecepatan, risiko tinggi, kompleks dan penuh kejutan-kejutan yang sering jauh dari kalkulasi kita. Oleh sebab itu kita harus mencari sebuah model baru, nilai-nilai baru dalam mencari sebuah solusi dari setiap masalah yang kita hadapi. Dengan inovasi, dan kita semua harus mau untuk meninggalkan cara-cara dan pola-pola lama dalam mengelola organisasi pemerintahan. Yang sudah tidak efektif dibuat lebih efektif dan efisien. 

Visi Indonesia lima tahun kedepan yang disampaikan oleh Pak Jokowi:

  1. Mempercepat pembangunan infrastruktur yang terkoneksi dengan kawasan industri rakyat, ekonomi khusus, pariwisata, persawahan, perkebunan dan perikanan,
  2. Memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia,
  3. Mengundang investasi seluas-luasnya untuk membuka lapangan pekerjaan,
  4. Mereformasi birokrasi agar pelayanan semakin cepat,
  5. Menjamin penggunaan APBN yang tepat sasaran.

Visi Indonesia 2019 – 2024 dalam pidato presiden Jokowi:

Indonesia harus menjadi lebih produktif dan memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi. Tidak cukup hanya presiden terpilih yang menjalankan tugas, dan akan percuma jika tidak didukung oleh seluruh elemen bangsa Indonesia.

1. Melanjutkan dan mempercepat pembangunan infrastruktur

Pembangunan infrastruktur-infrastruktur besar sudah dilakukan di periode pertama Presiden Jokowi. Dalam lima tahun kedepan saatnya tetap melanjutkan dan mempercepat pembangunan infrastruktur besar lainnya, ditambah infrastruktur pendukungnya.

Agar lebih terasa efeknya, infrastruktur besar seperti jalan tol dan lain-lain akan dihubungkan dengan kawasan industri rakyat, ekonomi khusus, pariwisata, persawahan, perkebunan, dan perikanan. Dengan demikian perekonomian akan semakin lancar dan meningkatkan perekonomian rakyat.

2. Memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia

Pembangunan SDM menjadi kunci pembangunan Indonesia kedepan. Titik dimulainya pembangunan SDM indonesia adalah dengan menjamin kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, balita dan anak-anak sekolah. Mengapa demikian? karena saat itu adalah umur emas untuk mencetak manusia indonesia yang unggul kedepan.

Tugas besar:

  1. Memastikan tidak ada kematian ibu hamil
  2. Peningkatan kualitas pendidikan, terutama pendidikan vokasional. Perlunya membangun lembaga manajemen talenta indonesia. Pemerintah akan memberikan dukungan penuh kepada talenta indonesia.

3. Mengundang investasi seluas-luasnya

Pemerintah akan membuka kesempatan investasi selebar-lebarnya, karena investasi akan membuka lapanan pekerjaan yang sebesar-besarnya. “Jangan ada yang alergi terhadap investasi”, kata pak Jokowi.

Segala sesuatu yang menghambat investasi akan dipangkas, baik itu perijinan yang lambat, berbelit-beli, apalagi yang ada pungli nya. Pemerintah akan melakukan check dan perketat kontrol sehingga diharapkan tidak ada lagi hambatan investasi karena investasi menjadi kunci pembuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya.

4. Mereformasi birokrasi

Sangat penting untuk mereformasi birokrasi yang struktural agar semakin simpel dan lincah. Jika pola pikir birokrasi tidak berubah, dipastikan akan menghambat perkembangan negara. Presiden memastikan akan memangkas dan mengawal sendiri reformasi birokrasi. Jika ada yang menghambat akan dicopot pejabatnya, jika ada lembaga yang tidak bermanfaat dan bermasalah dipastikan akan dibubarkan.

Tidak ada lagi pola pikir yang linier, monoton, tidak ada lagi kerja di zona yang nyaman karena semua penyakit kita disitu, “kita harus berubah, kita harus berubah, kita harus berubah” kata jokowi.

Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, yang menuntut kita cepat beradaptasi dengan perubahan zaman. Agar kita bisa membangun indonesia yang produktif, inovatif, kompetitif.

5. Menjamin penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran

Setiap rupiah yang keluar dari APBN harus dipastikan memiliki manfaat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan untuk rakyat.

Mimpi-mimpi yang besar hanya bisa terwujud hanya kita bersatu, optimis, percaya diri dalam menghadapi tantangan global. Dengan seperti itu Indonesia bisa menjadi negara terkuat didunia. Persatuan, kesatuan bangsa dan persaudaraan menjadi kunci, kita akan menjadi negara yang disegani didunia.

Berikut ini video lengkap pemaparan Pak Presiden Jokowi dalam pidato pertamanya sebagai presiden terpilih. Visi Indonesia 5 tahun kedepan:

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article

Mengapa Feedback penting?

Feedback bisa menjadi pedang dengan dua sisi tajam, jika kita menanggapi feedback secara positif maka kita bisa memanfaatkan feedback untuk menjadi lebih...

The 5 am Club summary – Own your mornings and you’ll master your life

The 5 am Club summary - Winning starts at your beginning. And your first hours are where the great heroes are made....

Gresik Street Photography – Penggerak ekonomi masyarakat pesisir

Gresik Street Photography. Suatu tempat dimana terdapat aktifitas penggerak perekonomian masyarakat menjadi tempat yang asyik untuk street photography. Kota Gresik yang berada...

Street Photography Jakarta in the morning, is it safe?

Street Photography. Sudah hampir satu bulan lamanya pemerintah meminta semua perusahaan memberlakukan Work From Home. Wal hasil beberapa minggu ini selalu di...

Cerita Philip Knight dan Sepatu NIKE

Siapa yang tidak tahu brand NIKE sekarang ini, hanya dengan logo centang nya kita sudah tahu sepatu atau apparel itu adalah keluaran...