Mitos Transformasi Digital

Beberapa tahun terakhir banyak top management yang membuat statement akan melakukan transformasi digital di perusahaannya. “We have a dozen committees on digital transformation; we have digital transformation initiatives; we are going full steam on digital transformation…” Tapi tidak ada satupun yang bisa menjelaskan apa sebenarnya yang dimaksud dengan transformasi digital. 

Kebanyakan dari mereka masih terjebak dengan mitos transformasi digital sebagai berikut:

Mitos 1

MYTH: DIGITAL REQUIRES RADICAL DISRUPTION OF THE VALUE PROPOSITION. 

REALITY: IT USUALLY MEANS USING DIGITAL TOOLS TO BETTER SERVE THE KNOWN CUSTOMER NEED.

Mitos 2

MYTH: DIGITAL WILL REPLACE PHYSICAL.

REALITY: IT’S A “BOTH/AND.”

Mitos 3

MYTH: DIGITAL INVOLVES BUYING START-UPS. 

REALITY: IT INVOLVES PROTECTING START-UPS.

Mitos 4

MYTH: DIGITAL IS ABOUT TECHNOLOGY. 

REALITY: IT’S ABOUT THE CUSTOMER.

Mitos 5

MYTH: DIGITAL REQUIRES OVERHAULING LEGACY SYSTEMS. 

REALITY: IT’S MORE OFTEN ABOUT INCREMENTAL BRIDGING.

Kesimpulan

Untuk kebanyakan perusahaan, walaupun yang benar-benar terancam oleh disruption sekalipun, transformasi digital biasanya tidak melulu tentang perubahan value proposition dan bisnis model sampai ke akar-akarnya. Sebaliknya, transformasi digital bisa dilakukan dengan men-transformasi core business dengan menggunakan teknologi digital (hardware maupun software). Dan juga dengan menangkap dan menemukan peluang bisnis baru dengan menggunakan dukungan digital.

Beberapa perusahaan bahkan sukses melakukan transformasi digital dengan menambahkan elemen digital pada bisnis model yang ada, tidak semua perubahan yang dilakukan bersifat disruptive atau intrusive.

Kunci suksesnya adalah fokus pada kebutuhan pelanggan, fleksibilitas organisasi, respect pada perubahan secara bertahap, dan kesadaran bahwa skill dan teknologi baru tidak hanya diperoleh tapi juga harus di jaga —something the best traditional companies have always been good at.

Sumber: HBR.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like