24.8 C
Jakarta
Wednesday, May 20, 2020

The 5 am Club summary – Own your mornings and you’ll master your life

Related article

mastaqihttps://chptr.id
Just an ordinary people that love to try a new experiences, writing a blog posts, reading a books, traveling and photography. you can see my street photography portfolio at my Instagram: @id.streetphoto *Semua artikel yang saya tulis di blog ini adalah pendapat, asumsi dan pemahaman pribadi saya dan tidak terikat pada lembaga apapun.

The 5 am Club summary – Winning starts at your beginning. And your first hours are where the great heroes are made. Own your mornings and you’ll master your life.

The 5 am Club summary, what in the book?

Buku ini mengisahkan seorang Billionair yang telah mencapai kesuksesan atas segalanya, baik secara profesional maupun secara personal. Surprisingly, dia meng-claim bahwa kesuksesannya bukan berasal dari talenta yang dimilikinya, atau berapa waktu yang dihabiskan untuk mencapai kesuksesannya tersebut. Namun dia mengatributkan kesuksesannya diawali dengan revolutionary mourning routine, yang diawali pada pukul 5 am (pagi). Sampai akhirnya dia membuat klub yang dinamainya The 5 Am Club / 5AC untuk membantu orang lain menjadi Elite Performer seperti dia.

Mengapa The 5 AM Club?

Dengan bangun sekitar jam 5 am (pagi), akan memunculkan kreatifitas, melipatgandakan energi dan membuat produktifitas tiga kali lipat. Bagaimana caranya?

Kita mempunyai limited mental capacity dalam sepanjang hari. Dari mulai kerja, membaca berita, beriteraksi dengan orang lain sampai menggunakan social media. Seperti internet bandwith, kita juga mempunyai keterbatasan kuota, sampai-sampai pada saat makan siang kita tidak bisa berkonsentrasi pada apapun.

Salah satu faktor utama di The 5 am club adalah bangun pagi, bangun pagi sekitar jam 5 membuat kita mempunyai golden opportunities utnuk fokus pada satu high-value activity dengan tanpa gangguan di otak kita. (focus in the zone).

Jadi kita akan mengerti bahwa bangun jam 5am, kita akan menjadi lebih fokus dan lebih produktif selama sepanjang hari.

To get result of 5% of elite performers, you need to do what 95% of Entrepreneurs, artist or other people unwilling to do. Wake Up at 5 am.

wake up at 5 am are huge competitive advantage
the 5 am club summary
the 5 am club summary

What history maker do?

Pertama, capitalize on their talent rather than thinking you don’t have what it takes. History maker selalu berfokus pada apa yang telah diberikan oleh Tuhan pada mereka untuk membuat perbedaan.

Kedua, Freedom from distruction. Jaman sekarang banyak orang yang membuang waktunya dengan hollow technology dan sosial media yang membuat kecanduan. History maker selalu fokus, buat menjadi simpel dan berkonsentrasi. Fokus pada sedikit project yang luar biasa daripada mengerjakan banyak project yang biasa-biasa.

Dapatkan waktu bebas gangguan di pagi hari untuk fokus pada hal yang sangat penting dengan bergabung dengan The 5 am Club.

Ketiga, great to understand the power of day stacking. Hal kecil terselesaikan daily lebih penting daripada menyelesaikan satu hal besar sekali dalam beberapa waktu lamanya.

Meningkatkan 1% kemampuan sehari akan berarti meningkatkan 365% kemampuan dalam satu tahun.

Finally, personal mastery practice. Sempatkan jam pertama setiap paginya untuk working deeply on you baik dar sisi mindset, dan juga kesehatan, spiritual dan cinta.

Four interior empires:

  1. Mindset
  2. Healthset
  3. Heartset
  4. Soulset

Fokus pada mindset saja tidak cukup, harus seimbang dengan 3 hal lainnya, healthset, heatset dan soulset. Mindset sudah bagus tapi tidak didukung dengan kesehatan yang bagus kan mempengaruhi performance, begitu juga perlu keseimbangan emotional life and wellbeing. Yang tidak kalah penting juga adalah soulset kita secara spiritual.

Intinya kita harus bisa reconnect dengan bagian terbaik dari diri kita sendiri.

Apply 20/20/20 formula

Menerapkan formula 20/20/20 akan membantu kita memastikan bangun jam 5 pagi akan menghasilkan hasil yang luar biasa. 20 minute to move, 20 minute to reflect and 30 minute to grow.

First 20 minute

Gunakan 20 menit pertama untuk berolahraga, karena berkeringat bisa mengakselerasi the formation of new neural connection. Literally mean kita akan berpikir lebih cepat dari biasanya!

Second 20 minute

Gunakan 20 menit berikutnya untuk merefleksikan apa yang paling penting untuk kita. Moment of silence to yourself. Bagi seorang muslim bisa digunakan untuk shalat dan berdzikir mengingat tuhan. Untuk anda yang berkeluarga bisa menggunakan waktu 20 menit ini untuk bercengkrama dengan anak dan istri sebelum mulali beraktifitas.

Reflection ini sangat penting mengingat jaman sekarang banyak sekali gangguan dari notifikasi dari smartphone dan juga pesan wa atau email.

Stay calm!

great performer are always calm.

Third 20 minute

Gunakan 20 menit berikutnya untuk belajar. Baca biografi para great performer, psikologi, baca atau lihat dokumentasi inovasi, dengarkan audio book tentang pengembangan bisnis.

Peran penting tidur

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, tidur merupakan faktor kunci untuk memprediksi harapan hidup. Bagaimana kita menghabiskan jam-jam terakhir di satu hari sama pentingnya dengan kita menggunakan jam pertama kita untuk meningkatkan performance.

Menjaga kualitas tidur sangat penting artinya seperti kita melakukan 5 am di pagi hari. Jadi pastikan tidur anda berkualitas sehingga keesokan harinya bisa perform lebih baik dan bisa mengikut program the 5 am club dengan baik.

Salah satu yang bisa mengganggu kualitas tidur adalah blue light dari gadget. Beberapa orang membaca berita, check status di sosial media sebelum tidur. Blue light yang dikeluarkan oleh gadget akan menurunkan hormon melatonin kita (chemical that induces sleep). Artinya blue light akan mengganggu kita untuk tidur dengan proper.

Usahakan sudah mematikan gadget tidak lebih dari jam 8pm, manfaatkan waktu untuk mandi atau relaxing dengan keluarga. Pastikan anda tidur tidak lebih dari jam 10 malam.

Embracing sleep and the “twin-cycle of elite performance” is essential to maximizing the potential of the 5 am club.

*twin-cycle of elite performance is period between focused workd at highest level and period of the time for deep refueling through relaxation, recovery and fun.

Semoga bermanfaat.

Book summary yang lain bisa dilihat di tag category book summary (link). Atau lebih lengkap bisa di baca di portal resume buku terlenkap Blinkist.

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article

Mengapa Feedback penting?

Feedback bisa menjadi pedang dengan dua sisi tajam, jika kita menanggapi feedback secara positif maka kita bisa memanfaatkan feedback untuk menjadi lebih...

The 5 am Club summary – Own your mornings and you’ll master your life

The 5 am Club summary - Winning starts at your beginning. And your first hours are where the great heroes are made....

Gresik Street Photography – Penggerak ekonomi masyarakat pesisir

Gresik Street Photography. Suatu tempat dimana terdapat aktifitas penggerak perekonomian masyarakat menjadi tempat yang asyik untuk street photography. Kota Gresik yang berada...

Street Photography Jakarta in the morning, is it safe?

Street Photography. Sudah hampir satu bulan lamanya pemerintah meminta semua perusahaan memberlakukan Work From Home. Wal hasil beberapa minggu ini selalu di...

Cerita Philip Knight dan Sepatu NIKE

Siapa yang tidak tahu brand NIKE sekarang ini, hanya dengan logo centang nya kita sudah tahu sepatu atau apparel itu adalah keluaran...